Makna logo HUT RI Ke-75

Hari ini diperingati sebagai kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tema dan logo peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI 2020 sudah ditetapkan.

Melansir website resmi Kemensetneg, Indonesia Maju adalah tema besar peringatan HUT RI ke-75 ini. Logo resmi juga sudah di unggah di laman resmi Kemensetneg. Logo bernuansa merah dan putih serta ada beberapa ornamen baru dimunculkan sehingga memiliki makna yang mendalam.

"Sekarang saatnya kita fokus kepada hal yang benar-benar penting dalam menyatukan keberagaman melalui kolaborasi untuk memperkenalkan jati diri bangsa Indonesia," tulis Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Makna Logo HUT ke-75 RI, Tema Indonesia Maju hingga Simbolisasi ...

Logo HUT RI ke-75 berbentuk perisai dengan angka 75. Bentuk ini terinspirasi dari simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila.

Bentuk logo ini menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan. Kemensetneg menambahkan logo ini menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, progres nyata dalam bekerja dan untuk mempersembahkan hasil terbaik untuk rakyat. 

Ada yang unik ornamen di logo HUT RI ke-75 ini. Munculnya desain supergraphic yang terdiri dari 10 elemen yang diambil dari dekonstruksi logo 75 tahun. Logo tersebut dipecah lagi menjadi 10 bagian yang merepresentasikan komitmen dan nilai luhur Pancasila.

Pengaplikasian supergraphic ini bisa dibilang mudah dan fleksibel karena sifatnya yang abstrak dan merupakan rancangan dari 10 pecahan menjadi satu kesatuan bentuk.


Supergraphic dalam logo HUT ke-75 RI


Komentar